Merawat kondisi aki kering mobil memang terbilang sangat penting dilakukan, terlebih bagian aki mobil merupakan salah satu bagian yang vital pada sebuah mobil. Namun, ternyata ada cara mudah untuk melakukan perawatannya, loh.
Baterai sebagai sumber listrik pada mobil atau yang biasa disebut aki adalah komponen vital lantaran fungsinya sebagai sumber kelistrikan utama. Untuk itu, aki wajib dilakukan perawatan berkala, termasuk menjaga voltase atau tegangannya agar tetap stabil.
Untuk menjaga performa aki agar tetap optimal salah satunya adalah dengan rutin memanaskan mobil. Pasalnya rutinitas ini akan membuat arus tegangan pada aki untuk bergerak memasok daya pada komponen kelistrikan di mobil.
Selain itu, proses memanaskan kendaraan juga akan memberi pasokan tegangan ke aki sehingga mencegah terjadinya kurang daya.
Periksa secara berkala.
Pastikan tidak ada karat pada terminal yang dapat berimbas pada berkurangnya tegangan aki. Untuk aki basah, pastikan juga air aki selalu sesuai dengan ukuran karena air aki berfungsi menghantarkan arus listrik.
Melakukan pengisian ulang.
Jika Anda menggunakan jenis aki kering atau maintenance free, maka cara menjaga voltase adalah dengan melakukan pengisian ulang (charging) kalau tegangannya sudah di bawah 12 volt. Namun, pada praktiknya, terkadang perlu melakukan pergantian aki secara keseluruhan jika memang sudah tidak bisa menyimpan daya.
Hindari Beban Aki Berlebih.
Aki memiliki beban daya sesuai kapasitasnya, usahakan tidak memberikan beban berlebih pada aki seperti memasang perangkat yang membutuhkan beban listrik terlalu banyak.
Dengan menghubungkan anda langsung dengan ponsel sales consultant kami. Sederhana, aman dan nyaman, Kami adalah cara digital untuk mendapatkan konsultasi Anda tentang produk terbaru.
Isuzu D-Max |
|
All New D-MAX SINGLE CABIN 1.9 M/T | IDR 393.700.000 |
All New D-MAX DUOBLE CABIN 1.9 M/T | IDR 469.600.000 |
All New D-MAX RODEO 1.9 M/T | IDR 497.600.000 |
Isuzu Elf NLR |
|
NLR B | IDR 400.000.000 |
NLR B L | IDR 416.000.000 |
NQR B | IDR 489.000.000 |
NLR B MICROBUS AC | IDR 470.000.000 |
NLR B L MICROBUS AC | IDR 611.000.000 |
NLR B | IDR 406.000.000 |
NLR B L | IDR 419.000.000 |
FVR L D | IDR 773.000.000 |
FVR P | IDR 779.000.000 |
FVR S | IDR 789.000.000 |
FVR Q | IDR 784.000.000 |
FVR U | IDR 798.000.000 |
GVR J | IDR 813.000.000 |
GVR J HP ABS | IDR 885.000.000 |
Isuzu Elf NLR Microbus |
|
NLR B MICROBUS AC | IDR 470.000.000 |
NLR B L MICROBUS AC | IDR 611.000.000 |
Isuzu Elf NMR |
|
NMR | IDR 474.000.000 |
NMR L | IDR 485.000.000 |
NMR HD 5.8 | IDR 485.000.000 |
NMR HD 6.5 | IDR 495.000.000 |
NPS 4X4 (OFF THE ROAD) | IDR 885.000.000 |
Isuzu GIGA FRR |
|
FRR | IDR 621.000.000 |
FRR P | IDR 693.000.000 |
FRR S | IDR 697.000.000 |
FTR T | IDR 705.000.000 |
Isuzu Giga FVM |
|
FVM N | IDR 912.000.000 |
FVM U | IDR 924.000.000 |
FVM U HP | IDR 979.000.000 |
FVM U HP ABS | IDR 992.000.000 |
Isuzu Giga FVZ |
|
FVZ N HP | IDR 1.145.000.000 |
FVZ L HP MX | IDR 1.140.000.000 |
FVZ U HP | IDR 1.166.000.000 |
Isuzu Mu-X |
|
NEW MUX | IDR 613.050.000 |
Isuzu Tractor Head |
|
GVZ K HP ABS | IDR 1.170.000.000 |
GVZ K ABS | IDR 1.326.000.000 |
Isuzu Traga |
|
TRAGA PU (FD) | IDR 271.000.000 |
TRAGA BOX SEMI ALUMUNIUM | IDR 311.000.000 |
TRAGA BOX FULL ALUMUNIUM | IDR 317.000.000 |